Berbagai Makanan Pendamping ASI

Berbagai Makanan Pendamping ASI

Berbagai Makanan Pendamping ASI – Makanan pendamping bayi dapat diberikan bersamaan dengan pemberian ASI atau susu formula. Makanan bayi ini mulai diberikan pada usia 6 bulan. Setelah usia bayi 6 bulan, bayi akan membutuhkan lebih banyak nutrisi dan gizi dibandingkan yang dikandung oleh ASI. Misalnya kebutuhan bayi akan mineral zat besi dan seng tidak cukup jika hanya dipenuhi oleh ASI. Di saat inilah, bayi memerlukan tambahan makanan pendamping bayi untuk menunjang pertumbuhannya.

Berbagai Makanan Pendamping ASI

Makanan bayi tambahan yang dianjurkan pada awalnya adalah bubur bayi. Bubur bayi bisa beragam jenisnya seperti bubur nasi, bubur buah, bubur susu dan sebagainya. Sebaiknya pertama kali berikan bubur bayi yang terbuat dari makanan jenis beras atau sereal. Misalnya bubur oatmeal yang kaya akan serat, vitamin, mineral dan sangat baik untuk kesehatan bayi. Makanan pendamping bayi memang harus dimulai dari yang bertekstur cair karena mulut bayi belum bisa bergerak dengan sempurna. Inilah mengapa bayi sering mendorong makanan keluar. Tekstur cair pada bubur bayi bisa dibuat dengan menambahkan air atau susu.

Dalam perkembangannya, makanan pendamping bayi bisa ditambah dengan memasukkan makanan yang mengandung karbohidrat kemudian divariasikan dengan ditambahkan susu. Bubur susu ini bisa ditambahkan ubi, jagung atau kentang. Setelah itu, pada tahap selanjutnya, mulailah memasukkan sayuran maupun buah. Sayuran dan buah yang masih keras harus dilembutkan dengan cara dikukus dan dihaluskan. Sayuran yang direkomendasikan sebagai makanan pendamping bayi misalnya brokoli, wortel, bayam dan sawi. Sedangkan untuk jenis buah, pisang, pepaya, apel, pir dan alpokat bisa menjadi makanan yang sehat untuk sang bayi.

Bayi yang telah bisa memakan nasi, sayuran dan buah dapat diperkenalkan dengan makanan lain. Misalnya sumber protein dari tempe dan tahu. Tempe dan tahu yang akan diberikan pada bayi sebaiknya telah dikukus dan dihaluskan. Seiring perkembangannya, makanan pendamping bayi perlu ditingkatkan kekentalannya. Hal ini untuk melatih bayi agar bisa menerima makanan yang padat.

Makanan pendamping bayi lainnya adalah biskuit. Umumnya bayi usia 7 bulan sudah dapat memegang dan memakan biskuitnya sendiri. Biskuit bisa membuat bayi belajar mengunyah dan mengemut. Selain itu juga dapat membantu dalam pertumbuhan gigi bayi.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua makanan baik untuk dijadikan makanan bayi. Bayi tetap harus dihindarkan dari makanan yang berbahaya seperti makanan yang memiliki kandungan gula dan garam berlebih. Selain itu, ikan asin, kerang juga tidak baik bagi bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>